Judul: The Chronicles Of Audy: 4R
Penulis: Orizuka
Penerbit: Haru
ISBN: 9786027742215
Tahun terbit: Juli 2013
Jumlah halaman: 320 hlm
Harga: Rp. 53.000,00


Hai. Namaku Audy
Umurku 22 tahun
Hidupku tadinya biasa-biasa saja,
sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu

Aku hanya tinggal selangkah lagi menu1ju gelar sarjanaku.
Selangkah lagi!
Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu
 Jadi sekarang, di sinilah aku berada
Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya
Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter,
dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu

Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!

Ini, adalah kronik dari kehidupanku
yang mendadak jadi ribet.

Kronik dari seorang Audy.


***

Review ini diikutkan dalam Tantangan Membaca Haru sebagai review pertama. Semoga berhasil *smile*
Ø CuapCuapCuap  :
Ini buku pertama kak Orizuka dan Penerbit Haru yang aku baca. Padahal Audy 4R ini udah buku yang ke-20nya kah Orizuka loh. Tau kak Orizuka dan Penerbit Haru sih udah lumayan lama sebelum baca buku ini lewat sosmed, tapi baru sempet beli buku-buku mereka pas 2014 kemarin, itupun baru sedikit.
Oke semoga Review ini membuat Anda yang belum pernah membaca Audy 4R menjadi tertarik untuk membacanya. Happy Reading

Ø Cerita     :
Audy Nagisa, mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, yang hampir mendapatkan gelar sarjananya andai saja dia bisa dengan cepat menyelesaikan skripsinya. Tapi masalah keuangan dan kemampuan otak tidak mengizinkannya menyelesaikan skripsi dengan cepat.
Untuk bertahan hidup di kota –karena dia tidak diizinkan pulang kampung oleh orangtunya-, jadilah dia bekerja sebagai babysistter garis miring pembantu disebuah keluarga absurd yang dihuni oleh 4 cowok bersaudara.

 [Sebagai selingan, ini bookmarks Audy 4R yang sungguh menggugah selera. wkwkw]
Regan, nama kode R1, adalah sosok yang nyaris sempurna, pekerja keras, tapi perhitungan. Romeo, R2, adalah sosok pemalas yang takut air, senang bermain, walaupun paling ramah. Rex, R3, adalah sosok terpelajar yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk prestasi akademis, tapi tertutup dan sensitif. Sedangkan Rafael si bungsu, R4, adalah sosok balita gadungan yang memiliki semua sifat kakak-kakaknya.’ (hal. 148)
Audy yang diusir dari kos karena tidak bisa bayar tagihannya, akhirnya tinggal serumah dengan 4R. Bisa bayangin dong gimana hidup Audy. Masalahnya lagi, Audy itu punya hati sama R1. Dan karena masalah hati itulah, Audy hampir keluar dari rumah 4R.

Ø Komentar :
Pertama baca buku ini 2014 kemarin. Dan masih inget banget sensasi-sensasinya saat membaca. Aku kira pas baca ulang kemarin sore itu, excitednya mungkin berkurang karena udah tahu jalan ceritanya. Tapi ngga nyangka, justru sensasinya itu makin eehh.
Contohnya di scane-scane menyedihkan tentang Rafael, aku udah tau akan kaya gitu nantinya, tapi tetep aja nangis.
“Kalian semua itu kenapa sih?” pekikku sambil menatap sengit  Regan, Romeo, dan Rex bergantian. “Susah payah Rafa mau masuk sekolah. Giliran dia ikutan lomba pertamnya, ngga ada satu pun dari kalian yang dateng. Menurut kalian gimana perasaan Rafa, hahh??”
“Au,” suara Rafael  membuat semua perhatian teralih kepadanya. “Kan udah aku bilang nggak apa-apa. Ngaak penting”  (hal 235)
Disini sedih banget liat Rafa. Dia benar-benar balita gadungan yang pemikirannya dewasa banget.
Ada juga scane yang bikin nangis pas Rafael masuk rumah sakit. Karena kecerobohannya Audy, Rex juga masuk rumah sakit. Yang bikin nangis bukan itu, tapi pas Rafael berkali-kali minta maaf ke Rex. Tapi tanggepannya Rex nggak ada, bahkan ngebentak. Iya sih, Rafael emang salah, tapi anak kecilkan emang gituuu. Sedih sedih sediihh..
Oke tinggalin Rafael yang dewasa sebelum waktunya itu, sekarang Rex. Gimana yah, Rex ituuu cowok idaman dengan sosoknya yang cool dan misterius. Tapi tetep aja, aku lebih demen sama Romeo deh. Romeo itu entah kenapa keren aja dimata aku. Jorok sih emang, tapi itu lohh,, dia jago banget soal-soal teknologi, hacker, cacker, apalah aku juga nggak ngerti. Itu kereeennn. Kalo Regan, sosok kakak idaman lah. Hehe
Ini tuh kaya cerita-cerita dongeng, tapi versi nyatanya gitu. Ada ya, hidup yang kaya dijalani Audy ini, menyedihkan dan menyenangkan disaat yang bersamaan. Ada saat pengen jadi Audy, tapi juga ada saat amit-amit jadi Audy. Itulah kehidupan ada suka dan dukanya.
Tapi jujur, di halaman-halaman awal baca ini tuh agak bosan. Berkisar tentang orangtua dan kampus. Tapi pas masuk ‘Introduction 4R’, tanpa celah lah. Hehe
Intinya, ini tuh keren banget. Kalo kata mba Iis Dahlia “APALAH APALAH” 
Master Postingan [ Tantangan Membaca Haru ]