• ᴛʜᴇ ʟᴀꜱᴛ ꜱᴏɴɢ
• ɴɪᴄʜᴏʟᴀꜱ ꜱᴘᴀʀᴋꜱ
• ɢʀᴀɴꜱ ᴄᴇɴᴛʀᴀʟ ᴘᴜʙʟɪꜱʜɪɴɢ
• 2009
• 390 ʜᴀʟᴀᴍᴀɴ

📚 Ronnie yang berusia 17 tahun bersama Jonah adiknya yang masih 10 tahun harus menghabiskan musim panas bersama ayah mereka, Steve, di Wrightsville Beach, North Carolina. Setelah 3 tahun tidak bertemu dengan Steve, Ronnie masih membenci ayahnya. Ronnie percaya bahwa ayahnya berpisah dengan ibunya karena kesalahan Steve.

Karena hal itulah, Ronnie selalu bertingkah nakal di hari pertama dia menginjakkan kaki di Wrightsville. Sampai akhirnya Ronnie bertemu dengan Will, pemain bola volly yang perlahan membuat hati Ronnie luluh.

Perjalanan kisah cinta Ronnie dan Will banyak tantangannya di awal, ada Marcus, pemain sirkus bola api (aku kurang paham nerjemahinnya, tapi kayaknya memang bola api gitu), yang juga terang terangan mengaku suka dengan Ronnie.

Hubungan Ronnie dan Steve juga makin membaik, meskipun Ronnie tetap tidak banyak bicara dengan Steve, setidaknya Ronnie tidak pernah marah-marah lagi.

📚 Pertama, aku sangat suka tokoh Jonah. Pendeskripsian tokoh anak kecil ini juara banget. Sesuai dengan kenyataan anak-anak umur 10 tahun pada umumnya. Meskipun Jonah disini sifatnya juga rada unik, tapi sesuai dengan jalan ceritanya. Dia anak 10 tahun yang gak mau dianggap kecil lagi. Dan dialog dialognya selalu sukses menghibur diantara konflik konflik serius dalam buku ini. Jadi membaca buku ini bisa enjoy, salah satunya berkat hadirnya tokoh Jonah ini.

Awalnya kupikir ini bakal jadi cinta segitiga gitu dengan hadirnya Marcus. Tapi nyatanya gak sesimpel itu. Ini bukan hanya cerita cinta khas remaja di liburan musim panas. Bukan hanya tentang Ronnie dan Will, tapi juga tentang Ronnie dan ayahnya Steve.

Fokus cerita ini sebenarnya tentang family. Tapi porsinya seimbang antara kisah keluarganya dengan kisah percintaan remajanya. Dan aku suka dengan porsi cerita yang seperti ini. Jadi tidak monoton.

Entah mengapa, aku udah baca 2 karya Nicholas Sparks termasuk yang ini, prolognya justru membuat aku pusing. Jadi aku setelah baca sampai epilog, baru aku mulai baca lagi prolognya dan baru ngeh. *Eh tapi emang prolog fungsinya gitu ya, bikin penasaran*. 

📚 Cerita ini rekomendasi sekali untuk kalian yang butuh bacaan menyentuh tentang keluarga. Cerita tentang Ronnie, Jonah, dan ayahnya bikin mewek sih. 

💢 Oh iya, novel ini udah diadaptasi ke layar lebar juga pada tahun 2010. Aku akan bikin review filmnya, dan juga tentang perbedaan novel dan filmnya. 

Stay tune