Info             :
Sutradara
Produser
Skenario
Narator
Anushka Sharma
Pemeran
Tanggal rilis
Durasi
153 minutes
Negara
India
Bahasa

Sinopsis       :
“PK” adalah seorang pria asing yang dianggap aneh sehingga di jauhi oleh masyarakat. Para masyarakat akan mentertawakan setiap hal yang dia lakukan. Tetapi PK memiliki rasa ingin tahu seperti anak kecil, selain itu dia juga memiliki teman yang setia dan musuh yang kuat. PK melakukan sebuah perjalanan spiritual untuk menjawab segala rasa ingin tahunya. Pada akhirnya PK menyadari tentang arti persahabatan yang dimilikinya, yang berawal dari dua orang asing serta dari dunia yang berbeda.
Sosok pemuda misterius ini hadir di tengah-tengah kota dan melakukan kegiatan yang tidak seperti biasanya. Tidak ada yang tahu siapa namanya, hanya inisial saja, PK. Siapakah PK, pemuda aneh ini selalu membuat pertanyaan bagi setiap orang. Rasa tahunya yang besar dan keunikannya membuat PK selalu menjadi pusat perhatian.

Review         :
Sebelum nge-review, mau cuap-cuap dulu.
Kemarin dapat rekomen film ini dari temen, katanya keren. Filmnya tentang kritikan-kritikan terhadap berbagai agama gituu. Dan ternyata ini emang film radikal. Waktu nonton film ini banyak dapat surprice-surprice, soalnya nonton film ini benar-benar minim info. Tahu kalau film ini itu Bollywood juga pas nonton (kemarin temen cuman bilang filmnya keren tentang agama-agama gitu).
Aktornya, Aamir Khan. Akting Aamir khan emang selalu memukau diusianya yang udah kepala 5, WOW. Saya baru tahu namanya setelah tanya google (soalnya lupa-lupa ingat), padahal suka liat filmnya yang 3 idiots sama Tera zeeman.
Di sini Aamir Khan berperan sebagai PK (PeeKay), alien yang tidak bisa pulang karena remot kontrolnya dicuri. 6 bulan kemudian, dia bertemu dengan seorang pembawa berita (Jaggu), dan dia menceritakan apa yang dilakukannya selama 6 bulan hidupnya di dunia.
Adegan-adegan 6 bulan itu saya sukaa,, di mana PK harus beradaptasi dengan lingkungan, bahasa, dan kebiasaan masyarakat sekitar. Dan satu kesimpulan yang dia dapat untuk menemukan remot kontrolnya, dia harus menemui Tuhan. Di sinilah kontraversi agama dimulai.
Intinya banyak adegan-adegan di film ini yang memang sangat mengkritik agama. Kebiasaan setiap agama, ritual setiap agama, Tuhan setiap agama, pemuka-pemuka agama. Contohnya di salah satu adegan ini,
“Kau yang menciptakan Tuhan atau Tuhan yang menciptakanmu?”
“Tuhan yang menciptakan kita semua, tapi kami hanya membuat patungnya.”
“Kenapa membuat patungnya?”
“Agar kami bisa memujanya, berkeluh kesah padanya”
“Apa patung ini ada alat komunikasinya?”
“Tuhan tidak membutuhkan alat apapun, Dia mendengarkan secara langsung”
“Jika Dia mendengarkan langsung, apa pentingnya patung ini”
Tuh kaann,, saya selalu suka pemikiran-pemikiran PK yang unik dan membuat kita selalu berkor ‘oh bener’ ‘iya yaa’.
Daaann, klimaksnya yaitu saat dia bertemu dengan salah satu pemuka agama Tn. Tapaswi. Ketahuan banget boongnya si Tn. Tapaswi ini, tapi si PK malah menyebutnya ‘wrong number’, unik kaann.. Di adegan ‘wrong number’ ini juga menuai banyak kritikan lagi tentang agama.
Paling suka juga ama adegan pas PK vs Tn. Tapaswi di salah satu berita tv. Sebenarnya banyak banget yang mau saya cerita’in tentang film ini, maunya setiap adegan saya tulis (tapi nggak mungkin juga lah ya).
Dan hampir lupa, komedinya film ini tuh juga dapat banget dengan aktingnya Aamir khan yang pas. Semuanya pas, nggak ada yang kerasa komedinya tuh dipaksa.
Dan for your information aja, setelah nonton film ini saya langsung search google ‘Pandangan agama terhadap film PK’, dan hasilnya ternyata mendapat banyak kecaman dari berbagai agama (wajar sih)
Mau tahu lebih lanjutnya, silahkan nonton filmnya. Hehehe